Atlet Thrill Factory Racing Dominasi Medali di SEA GAMES 2023

0
Atlet Thrill Factory Racing mendominasi medali di SEA GAMES 2023 (Dok. Thrill Bicycle)



Pembalap Sepeda Indonesia sekaligus rider dari tim Thrill Factory Racing Feri Yudoyono meraih torehan memuaskan di cabang balap sepeda nomor Cross Country Olympic atau MENS XCO di ajang SEA Games 2023 di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, Sabtu (5/5/2023) dengan medali emas. Timnas balap sepeda MTB Indonesia mendominasi nomor Cross Country Olympic SEA Games 2023 yang berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, 


Tiga atlet Merah Putih menyentuh garis finis secara berurutan. Feri Yudoyono, yang berstatus new comer di nomor elite tahun ini, berhasil menyabet medali emas dengan cacatan waktu satu jam 13,51 menit. Disusul rekan setim sekaligus kakak kandungnya yang merupakan peraih medali emas di gelaran SEA GAMES di nomor yang sama tahun lalu, Zaenal Fanani serta di posisi ketiga yang juga penyabet medali perak SEA GAMES tahun lalu, Ihza Muhammad yang terpaut 1 menit 15 detik dari Feri.


Namun, Ihza harus merelakan perunggu ke pembalap Kamboja Khim Menglong yang finis di peringkat keempat. Sebab, sesuai aturan SEA Games Federation (SEAGF) dalam perlombaan satu negara tidak boleh menyapu bersih medali. Hal ini sama seperti di SEA GAMES 2011 yang mana “Trio Jabar” kala itu menyabet posisi 1, 2 dan 3 di nomor yang sama, namun terlepas dari itu, hasil lomba pada hari ini menegaskan ketangguhan atlet balap sepeda Indonesia di kawasan Asia Tenggara untuk nomor XCO dengan Trio Lumajang besutan tim Thrill Factory Racing.


Feri Yudoyono membuktikan diri sebagai pembalap muda potensial Indonesia. Atlet yang lahir pada 5 April 2004 itu tampil impresif setelah mengawali lomba di posisi ke-13. Satu per satu pesaing dia lewati hingga akhirnya berhasil berada di posisi terdepan dalam lomba yang berlangsung tujuh lap dengan masing-masing lap berjarak 3,7 kilometer tersebut. 


Zaenal Fanani, salah satu atlet MTB XC andalan Indonesia. (Dok. Thrill Bicycle)



Para atlet MTB XC Thrill merayakan kemenangannya di Kamboja.  (Dok. Thrill Bicycle)


Apalagi ketiganya ditunjang dengan sepeda pabrikan Indonesia, Thrill yang juga sempat mencicipi gelaran Olimpiade Tokyo edisi lalu dengan sepeda BMX yang dipakai dua atlet asal Prancis dan Latvia. Sepeda yang mereka gunakan di SEA GAMES 2023 ini adalah salah satu lineup produk high end yakni Thrill Defiant CF yang merupakan besutan pabrikan asal Pasinan, Wringinanom, Gresik, Jawa Timur. Sepeda Cross country berbahan carbon fiber yang telah teruji di berbagai kejuaraan XC local maupun intenasional dengan spesifikasi highend mampu membawa ketiga atlet mereka mengharumkan nama Indonesia di dua gelaran SEA GAMES sejauh ini. “Sepedanya ringan dan kecang, handlingnya yang responsif membantu kami bertiga memaksimalkan peforma selama latihan maupun balapan” ujar Zaenal Fanani yang juga diamini ketiga rekannya, Ihza dan Feri.


Selain kemenangan Trio Lumajang, kemenangan Indonesia pada nomor XCO semakin lengkap karena sebelumnya Sayu Bella Sukma Dewi juga meraih medali emas pada nomor XCO putri. Bella menjadi yang tercepat di antara 17 peserta lainnya yang bersaing dalam lomba lima lap di trek sepanjang 3,7 km itu. Secara keseluruhan dia mengayuh sepeda dengan jarak 18,5 km dengan catatan waktu satu jam 13,48 menit. 



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)