Menangkan Etape 5, Primoz Roglic Pimpin Volta a Catalunya

0



Primoz Roglic (Tim Jumbo-Visma) berhasil memenangkan etape ke-5 di ajang Volta a Catalunya yang berlangsung antara Tortosa dan finis di Lo Port, Spanyol, kemarin. Kemenangan ini pun menjadi yang kedua Roglic di race tersebut.


Dengan hasil tersebut, Roglic pun menjadi pemimpin Volta a Catalunya.


Sebelumnya, Primoz Roglic kembali menghadapi duel yang mendebarkan dengan Juara Dunia, Remco Evenepoel (Soudal-Quick Step) di tanjakan-tanjakan menantang di Terres de l'Ebre. Namun pembalap Slovenia itu berhasil mempertahankan keunggulannya menjadi 10 detik.


Primoz Roglic Pimpin Volta a Catalunya


Etape kelima dari Volta Ciclista a Catalunya ke-102 sendiri diharapkan menjadi penentu di Terres de l'Ebre, dengan rute 176,6 kilometer, dimulai di kota Tortosa dan berakhir di Lo Port yang spektakuler. Finis yang selalu menentukan yang tahun ini didaki untuk keempat kalinya dalam sejarah balap sepeda Catalan.


Jalannya Balapan

Pada saat pembukaan etape, setelah beberapa kali mencoba, pemimpin klasifikasi gunung. Guillaume Martin (Cofidis) berhasil mengkonsolidasikan sprint dengan Tsgabu Grmay (Jayco-ALula), Ibai Azurmendi (Euskaltel Euskadi), Pablo Castrillo, José Félix Parra, Héctor Carretero (Kern Pharma Team) dan Julen Amezqueta (Caja Rural-Seguros RGA).


Setelah Alt de Bot dan Coll de Som (kategori ke-3) dan intermediate sprint Móra la Nova dan Roquetes, yang terakhir di kaki pada pendakian terakhir, Tsgabu Grmay dari Ethiopia menjadi pembalap terakhir pada sprint di tanjakan pertama Lo Port. Tak lama setelah ‘ditangkap’ oleh kelompok favorit yang sudah sangat terpilih, Remco Evenepoel (Soudal-Quick Step) yang pertama menyerang 4,5 km dari finis.


Serangan pertama juara dunia itu hanya dijawab oleh Primoz Roglic (Tim Jumbo-Visma) dan pembalap Catalan, Marc Soler (UEA Team Emirates), yang mencoba mengejutkan dengan serangan balik terhadap dua dominator besar Volta tahun ini. Dua kilometer dari garis finis, Joao Almeida, rekan setim Soler, menyusulnya. Tetapi mereka tidak dapat menghindari duel baru antara Evenepoel dan Roglic, yang seru pada kilometer terakhir, yang berakhir dengan kemenangan Primoz Roglic.


Roglic berhasil unggul enam detik dari Evenepoel yang telah tertinggal di meter terakhir, dan berkat empat detik lebih banyak dengan bonus, ia memperpanjang keunggulannya di puncak klasifikasi umum Volta a Catalunya, menjadi sepuluh detik di depan Evenepoel. Di tempat ketiga adalah Joao Almeida dari Portugal (UEA Team Emirates), 1:02 di belakang pemimpin balapan.


Dengan demikian, ketegangan tetap tinggi di Volta a Catalunya dengan dua etape tersisa. Yang keenam adalah Sabtu ini, dengan rute ‘pemecah kaki‘ sepanjang 174,1 kilometer, dimulai di Martorell dan berakhir di Molins de Rei, dengan pendakian Alt de la Creu d'Aragall (kategori ke-2) di kilometer terakhir. Dan tampaknya, semuanya masih akan terbuka pada hari Minggu untuk etape terakhir di Barcelona, dengan enam pendakian ke Castell de Montjuic.


Hasil etape 5

1 PRIMOŽ ROGLIC / JUMBO-VISMA 3 PTS B : 3''

2 REMCO EVENEPOEL/SOUDAL QUICK-STEP 2 PTS B : 2''

3 KOEN BOUWMAN/JUMBO-VISMA 1 PTS B : 1''


Klasemen umum (Top 5)

1 PRIMOŽ ROGLIC/JUMBO-VISMA 35 PTS -

2 REMCO EVENEPOEL/SOUDAL QUICK-STEP 28 PTS -

3 GIULIO CICCONE/TREK - SEGAFREDO 14 PTS -

4 KADEN GROVES/ALPECIN-DECEUNINCK 10 PTS -

5 SIMONE PETILLI/INTERMARCHÉ - CIRCUS - WANTY 8 PTS -


Sumber: Voltacatalunya.cat




Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)