Courdurier & Meier-Smith Juara Seri Pembuka PD MTB Enduro

0


Isabeau Courdurier (Lapierre Zipp Collective) dan Luke Meier-Smith (Giant Factory Off-Road Team) sukses meraih podium pertama di ajang UCI Mountain Bike Enduro World Cup seri perdana yang berlangsung di Maydena, Tazmania, Australia.


Courdurier, dari Prancis, menunjukkan konsistensi dan performa yang telah mengantarkan dua gelar juaranya di jalur terjal Maydena. Sementara Dan Meier-Smith bangkit ke Seri Dunia Sepeda Gunung UCI yang serba baru dengan kemenangan pada balapan senior pertamanya.


Dalam titik balik bersejarah untuk balapan enduro, setelah 10 tahun Seri Dunia Enduro, olahraga ini telah mengambil langkah menuju status penuh Piala Dunia dan menjadi salah satu dari enam disiplin ilmu yang akan diintegrasikan ke dalam Seri Dunia Sepeda Gunung UCI yang baru.


Perlombaan enam etape yang sulit di antara pohon eucalyptus Tasmania yang menakjubkan, jauh di atas Lembah Derwent dan melihat pengendara menempuh jarak sekitar 54 km, mendaki lebih dari 1.200 meter, dan turun hampir 3.000 meter.



Race Putri


Courdurier memulai hari dengan kemenangan. Tetapi dia ditempel ketat oleh Juara Dunia Downhill Valentina Höll yang akan memenangkan dua etape berikutnya. 


Isabeau Courdurier (Lapierre Zipp Collective) (Foto: Ucimtbworldseries.com)


Namun Höll terjatuh di etape ketiga dan kehilangan momentumnya. Sementara Courdurier memanfaatkan situasi tersebut dengan mengambil kemenagan di dua etape berikutnya.


Pembalap Prancis Morgane Charre (Pivot Factory Racing) yang menempel ketat sang juara 2022 dengan skill-nya, kembali ke performanya seperti di awal tahun 2022 dan membuat Ella Conolly (Tim Cannondale Enduro) yang bangkit kembali, berada di urutan ketiga.


BACA JUGA:



Race Putra


Dalam balapan putra, rider tuan rumah Tasmania - Dan Booker (Nukeproof SRAM Factory Racing) memang berhasil unggul di etape pertama. Tetapi Meier-Smith yang dominan - yang merupakan juara downhill Australia - berada di urutan kedua, dan selanjutnya memenangkan tiga etape berikutnya dan tidak pernah keluar empat rider teratas.


Luke Meier-Smith (Giant Factory Off-Road Team) juara ke kategori putra. (Foto: Ucimtbworldseries.com)


Namun, Booker juga akan konsisten dan tidak pernah jauh dari posisi ketiga di etape yang lainnya, menyelesaikan hari itu dengan finis di posisi kedua secara keseluruhan dan terpaut hanya 5 detik dari kecepatan Meier-Smith.


Bintang downhill Australia lainnya, Connor Fearon (tim Forbidden Synthesis), finis dengan dua tempat ketiga pada etape lima dan enam. 


Sementara itu, dikutip dari situs Ucimtbworldseries.com, juara bertahan Jesse Melamed (Canyon CLLCTV Factory Team) kurang beruntung karena mengalami pecah ban di etape ketiga, dan kemudian memudar, menjelang akhir balapan setelah menabrak pohon. Dia pun akhirnya finis di urutan ke-19.


Selain kedua kategori di atas, ajang balapan ini juga melombakan 2 kategori lainnya, yaitu, Putra dan Putri U21. (*)




Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)