Review Pacific Cameron 4.0: Serba Guna dan Ramah Dikantong!

0

 




Tahun 2021 ini, salah satu pabrikan sepeda nasional, Pacific Bike, telah merilis jajaran sepeda terbarunya. Selain folding Bike, salah satu sepeda yang dilepas ke pasar oleh Pacific Bike adalah sepeda gunung (MTB) Cameron 4.0.

Pacific Cameron 4.0 mungkin bisa dibilang sebagai versi 'ringan' dari seri sebelumnya, Cameron 7.0. Pasalnya MTB ini hadir dengan sejumlah fitur dan part yang lebih rendah. Akan tetapi, Cameron 4.0 memiliki sejumlah fitur menarik bagi penggemar MTB, selain harganya yang lebih ramah di kantong, tentunya. 


Frame dan Geometri

Seperti seri Cameron sebelumnya, Cameron 4.0 dibangun dari frame yang berbahan aluminum alloy 6061 dan termasuk dalam jenis hardtail (bersuspensi tunggal). Tapi, yang menarik, frame tersebut dibuat dengan teknik smart welding sehingga tampak terlihat seperti seperti frame yang terbuat dari bahan karbon. 

Frame Cameron 4.0 tampak halus dan didkung jalur kabel internal.

Tampilan frame juga halus di area seat tube dan seat stay.


Berbeda dengan sepeda dengan frame sejenis, beberapa sambungan frame cameron 4.0, seperti di bagian head tube dan seat tube atau top tube tampak halus. Sayangnya, kondisi tersebut tidak dijumpai di bagian sambungan frame antara seat tube dan bottom bracket (BB).

Frame Cameron 4.0 juga memiliki geometri yang menarik, dimana head tube angle lebih slack (rebah) dengan seat tube yang lebih pendek. Desain top tube pun dibuat menuruh sehingga membuat MTB ini cocok untuk jadi sepeda Trail atau digunakan di arena 4X (four cross) atau Pump Track, selain untuk melibas jalur Cross Country (XC).

Bagian belakang frame juga telah didukung dengan fitur Thru Axle (TA), yang membuat roda belakang lebih stabil dibanding frame yang didesain menggunakan as roda quick release (QR) tentunya. 

Bagian belakang frame juga telah didukung dengan fitur Thru Axle (TA).


Fitur menarik lain pada frame Cameron 4.0 adalah telah diaplikasikannya fitur jalur kabel internal, yang membuat frame lebih 'bersih' dari kabel shifter ataupun rem. 


Komponen

Cameron 4.0 dibekali group set Shimano Altus (mix) 16 speed (2x8 speed). Sedangkan untuk pengereman, MTB ini dilengkapi rem cakram hydraulic dari Tektro. 


Cameron 4.0 dibekali group set Shimano Altus (mix) 16 speed (2x8 speed).


Pada fork, Cameron 4.0 dibekali fork dari Blackbox 2.75 inci, tipe koil, dengan travel 120 mm. Fork ini juga telah lengkapi fitur 'Lock Out' yang berguna bagi penggunanya untuk menyesuaikan setingan sepeda dengan kondisi medan yang dilalui. Tapi, berbeda dengan as roda belakang, fork tersebut masih menggunakan as roda tipe QR. 

Pada bagian roda, Cameron 4.0 ini menggunakan rim berbahan alloy tipe double wall (dinding ganda), dari Syte, dan freehub dari Novatec yang telah dilengkapi bearing. Rim tersebut dibalut oleh ban yang cukup lebar, 27.5x2.20, dari Kenda.

 Cameron 4.0 dibekali fork dari Blackbox 2.75 inci, tipe koil, dengan travel 120 mm.

Cameron 4.0 dilengkapi ban yang cukup lebar, 27.5x2.20, dari Kenda.


Sementara pada area kokpit, MTB ini dilengkapi stem, seatpost dan handlebar berbahan aluminum alloy dari Syte. Merek yang sama juga terdapat pada komponen sadel.

Pada grip, MTB ini menggunakan hand grip standar atau tipe non lock, yang sudah cukup nyaman digengam.

Pada area kokpit, MTB ini dilengkapi stem, seatpost dan handlebar berbahan aluminum alloy dari Syte. 

Sadel Cameron 4.0.

Hadir dalam 2 opsi warna yang cukup menarik - Midnight Blue dan Gris Black. Cameron 4.0 dilepas dengan harga yang cukup menarik, yakni Rp 3,99 juta. Harga tersebut tentunya lebih kompetitif dibanding MTB sejenis di kelasnya, yang ada di pasaran saat ini.

  


Spesifikasi Cameron 4.0



Color:

Midnight Blue / Gris Black

Frame:

Alloy 6061 MTB XC 27.5″

Fork:

Blackbox Alloy Fork 27.5″, Travel 120 mm, Lock Out

Shifter:

Shimano SL-M315 2×8 Speed

Front Derailleur:

Shimano Altus FD-M315 2 Speed

Rear Derailleur:

Shimano Altus FD-M310 8 Speed

Brakes:

Tektro M275 Hydraulic Disc Brake

Crankset:

Blackbox XC Alloy 22/36T

Cassette:

Cassette 8 Speed, 11-36T

F/R Hub:

Novatec Alloy 32H – F: 2 Bearings, R: 4 Bearings

Rim:

Pacific Alloy Double Wall 27.5″

Tires:

Kenda 27.5″x2.20″

Seatpost:

Alloy Ø: 30.9x350mm

Stem:

Alloy Ext: 45mm

Handlebar:

Pacific Alloy W: 740mm



Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)